5 Universitas Negeri dengan Daya Tampung Terbesar di SNMPTN 2018

2018-02-27 11:22:20

Terdapat 5 Universitas Negeri yang menerima calon mahasiswa dengan daya tampung terbesar. Memperhatikan daya tampung PTN, bisa menjadi strategi tambahan agar dapat diterima kuliah di universitas impian.

BantenTribun.id– Terdapat 5 universitas negeri yang punya daya tampung terbesar pada SNMPTN ataupun SBMPTN tahun 2018 ini.Memperhatikan daya tampung PTN, menjadi keuntungan lain.

Peringkat pertama PTN dengan daya tapung terbesar, ditempati Universita Pendidikan Indonesia(UPI), dengan 75 program studi.  Disusul Universitas Halu Oleo (73 program studi). Selanjutnya Universitas Brawijaya Malang (70 program studi), Universitas Negeri Makassar (68 program studi), menempati peringkat 4. Peringkat ke 5 ditempati Universitas Gadjah Mada (67 program studi).

Dikutip dari  laman snmptn.ac.id, berikut daftar daya tampung terbesar perguruan tinggi di SNMPTN tahun  2018, terdapat 5 Universitas Negeri yang memiliki daya tampung terbesar pada tahun ini.

Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dikenal sebagai kampus yang melahirkan generasi pengajar-pengajar di masa depan, selain Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Dari 75 program studi yang ditawarkan, diantaranya untuk 20 jurusan IPA dan 55 jurusan IPS.

Di program studi IPA, kuota terbesar dibuka untuk Ilmu Keolahragaan dengan 40 siswa, pendidikan biologi, pendidikan fisika dan pendidikan ilmu komputer dengan tiap-tiap jurusan menampung 30 siswa.

Selain itu, kuota terbesar di program studi IPS ditempati PGSD Kampus Cibiru sebanyak 96 siswa, disusul PGSD Kampus Serang sebesar 90 siswa dan PGSD Kampus Tasikmalaya 75 siswa.

Universitas Halu Oleo

Kampus ini terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara membuka 73 program studi diantaranya 42 program studi untuk jurusan IPA dan 31 program studi jurusan IPS.

Di SNMPTN 2018, kuota terbesar di kampus ini untuk jurusan IPA diantaranya Ilmu Kesehatan Masyarakat sebanyak 140 siswa, Peternakan 100 siswa dan jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan sebesar 100 siswa.

Sementara untuk jurusan IPS yaitu Ilmu Hukum 200 siswa, Ilmu Administrasi Negara 160 siswa dan Manajemen sebesar 140 siswa.

Universitas Brawijaya Malang (UNIBRAW)

Universitas ini lebih sering dikenal dengan UNIBRAW atau UB, berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur.

Dalam SNMPTN 2018, kampus ini akan menerima mahasiswa SNMPTN di 70 program studi dengan tiap-tiap program studi memiliki kuotanya.

Kuota terbesar untuk siswa jurusan IPA yaitu Agroekoteknologi sebesar 214 siswa akan diterima, disusul Peternakan dengan 195 siswa dan Agribisnis sekitar 117 siswa.

Sementara untuk siswa jurusan IPS, kampus ini menerima paling banyak jurusan di Ilmu Hukum dengan daya tampung 207 siswa, Ilmu Administasi Bisnis sebesar 114 siswa dan Ilmu Administrasi Publik sekitar 96 siswa.

Universitas Negeri Makassar

Kampus ini memiliki empat kampus yang terletak di empat daerah di kota Makassar, Sulawesi Selatan.Sebanyak 68 program studi ditawarkan kampus ini di SNMPTN 2018.

Kuota terbesar bagi jurusan IPA di kampus ini yaitu Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer sebesar 46 siswa, Ilmu Keolahragaan sekitar 44 siswa dan 35 siswa untuk pendidikan biologi.

Bagi siswa jurusan IPS kuota terbesar di Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi sekitar 129 siswa. Manajemen 59 siswa dan pendidikan guru sekolah dasar kampus makassar, kampus bone dan kampus pare-pare memiliki kuota tiap-tiap jurusan itu sekitar 59 siswa.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus berlokasi di Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini membuka 67 program studi di SNMPTN 2018.

Kuota terbesar bagi jurusan IPA di kampus UGM diantaranya Ilmu dan Industri Peternakan sekitar 90 siswa, Kehutanan 83 siswa dan Farmasi 72 siswa.

Sementara bagi jurusan IPS kuota terbesar ditempati Hukum 93 siswa, Psikologi 72 siswa dan Akuntasi serta Filsafat 45 siswa.