Tahun Ini UNS Solo Terima 6.164 Mahasiswa Baru Jenjang S1

2018-02-20 14:07:37

Solopos.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menerima sebanyak 6.164 mahasiswa jenjang sarjana (S1) pada penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2018/2019.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, mengatakan kuota 6.164 mahasiswa baru tersebar di 10 fakultas dan 65 program studi (prodi).

“Fakultas paling banyak menerima calon mahasiswa baru yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan [FKIP],” katanya, Selasa (6/2/2018). Penerimaan mahasiswa baru UNS, lanjut dia, sama seperti tahun lalu melalui tiga jalur yakni SNMPTN 30%, SBMPTN 50%, dan seleksi mandiri 20%.

Dia menerangkan pandaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan 21 Februari-6 Maret 2018, sedang pelaksanaan ujian tertulis pada 8 Mei 2018.

 

Calon mahasiswa dapat memilih sebanyak-banyaknya dua perguruan tinggi negeri (PTN) di mana salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. “Bila hanya memilih satu PTN, maka boleh memilih PTN yang berada di provinsi mana pun,” ungkap dia.

Selain itu, calon mahasiswa juga dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi (prodi) dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi. “Calon mahasiswa dapat mengunjungi website sbmp.uns.ac.id,” kata Sutarno yang juga Wakil Rektor II UNS.

Dia menambahkan untuk bisa mendaftar SNMPTN syaratnya siswa harus sudah terdaftar pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) di sekolah masing-masing. “Bila siswa tidak terdaftar di PDSS tidak bisa mendaftar SNMPT,” harapnya.

Untuk menjaring calon mahasiswa baru UNS telah mengadakan sosialisasi SPMPTN kepada pimpinan SMA/SMK, MA se-Soloraya.

Kegiatan yang digelar di Auditorium UNS pada 30 Januari 2017 itu diikuti sekitar 700 peserta perwakilan SMK/SMA, dan MA dari Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Boyolali, Sragen, Klaten, dan Karanganyar.